Film Amerika Berhenti Didistribusikan Di Indonesia

Mulai 17 Februari 2011, semua film produksi Amerika Serikat berhenti didistribusikan di semua wilayah Indonesia. Sehingga semua film produksi AS tidak akan lagi bisa diputar di seluruh wilayah Indonesia, dan yang sedang diputar sekarang, sewaktu-waktu bisa dihentikan kapan saja.

Hal itu terjadi karena bea masuk atas hak distribusi film impor atau kenaikan pajak film impor yang baru, dinilai merugikan peredaran film impor. Dengan demikian film impor akan hilang dari negeri ini. Satu hal yang menjadi penyebabnya adalah, sejak Januari 2011 ada aturan dan penafsiran baru Direktorat Jenderal Bea Cukai atas UU/Peraturan tentang pajak bea masuk yang lama, yang diberlakukan per Januari 2011. Yang dinilai tidak lazim dan tidak pernah ada dalam praktek bisnis film di Indonesia.

Menurut penafsiran sebelumnya dari importir film, yang disebut bea masuk hanya berlaku untuk barang masuk. Dan, sebagai barang, setiap kopi film impor yang masuk ke Indonesia, selama ini sudah dikenakan/dibayarkan bea masuk + pph+ppn = 23,75% dari nilai barang. Selain itu, selama ini, Negara atau Ditjen Pajak atau Kemenkeu juga selalu menerima pembayaran pajak penghasilan 15% dari hasil eksploitasi setiap film impor yang diedarkan di indonesia.

Sedangkan Pemda/Pemkot/Pemkab juga selalu menerima pajak tontonan dalam kisaran 10-15% untuk setiap judul film impor/nasional sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena Ditjen Bea Cukai tidak mau memahami atau menanggapi seluruh argumen penolakan dan keberatan terhadap “Bea Masuk Hak Distribusi” yang diajukan oleh pihak MPA atau Ikatan Perusahaan Film Impor Indonesia (Ikapifi), Bioskop 21, dan beberapa institusi lainnya. Karena ketentuan itu dinilai tidak lazim di negara mana pun di dunia ini, maka MPA sebagai Asosiasi Produser Film Amerika memutuskan tidak akan mendistribusikan di seluruh wilayah Indonesia semua film Amerika sejak terhitung sejak 17 Februari 2011.

Sedangkan film-film impor yang baru dan yang barangnya sudah masuk, dan sudah membayar bea masuk sesuai ketentuan yang berlaku selama ini, tidak akan ditayangkan di Indonesia. Sebagai contoh  film seperti Black Swan, True Grit, 127 Hours dan beberapa judul lainnya, akan disimpan dulu. Sedangkan untuk film-film impor yang sedang tayang, bisa dicabut sewaktu-waktu apabila pihak pemilik film impor menyatakan mencabut hak edarnya di Indonesia.

About these ads

One comment on “Film Amerika Berhenti Didistribusikan Di Indonesia

  1. Pingback: Film Hollywood Terbaik 2011 | CJDW.NET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s